Food Travel

Liburan Akhir Pekan Ke Bandung. Enaknya Kemana ya? Part 3

on
28 Januari 2019

Lenifey_ereveld pandu 2

Sudahkah anda bosan dengan tulisan liburan akhir pekan ke Bandung? Kalau sudah, maafkan saya untuk tambahan satu tulisan lagi. hahah. Karena Bandung selalu punya banyak cerita, begitupun Jogja. By the way, tulisan Bandung Seri 3 ini nggak ada hubungannya sama sekali dengan tulisan part 1 dan part 2 nya.

Baca Juga : Liburan Akhir Pekan Ke Bandung. Enaknya Kemana ya? Part 1

Ereveld Pandu

Kali ini saya ke Bandung bareng kak Yunita, Bang Derus, Bang Eka, Mas Ris, Moses dan Titi yang tujuan utamanya adalah ke Ereveld Pandu Bandung. Ada yang tahu tentang Ereveld nggak sih? Jadi Ereveld adalah komplek makam kehormatan Belanda di Indonesia. Iya kakak-kakak kita wisatanya ke Kuburan.

Sekilas tentang Ereveld dulu kali ya. Di Indonesia total ada 7 komplek makan kehormatan Belanda yang semuanya ada di Pulau Jawa. Yang terdekat di Jakarta ada di Menteng Pulo dan Ancol. Sisanya, ada Ereveld Pandu di Bandung, Ereveld Leuwigajah di Cimahi, Ereveld Kali Banteng dan Candi di Semarang, dan yang terakhir Kembang Kuning di Surabaya. Semua cantik dan bisa dikunjungi secara gratis dari jam 07.00 sampai jam 17.00.

Lenifey_lanscape ereveld pandu

Ereveld Pandu yang rapi dan terawat

Ereveld Pandu di Bandung adalah tempat peristirahatan terakhir Tentara Kerajaan Hindia Belanda (KNIL). Selain itu ada juga makan warga sipil yang meninggal di kamp-kamp konsentrasi Jepang di Bandung dan sekitarnya serta korban yang gugur pada masa revolusi. By the way¸komplek Ereveld Pandu ini ada di dalam kuburan cina yang ada di jalan Pandu. Jadi sebelum masuk ke komplek Ereveld kita harus melewati kuburan dulu. Mayan sih kalo udah gelap. Haha.

Kesan yang didapatkan pas kesana makamnya bersih dan sangat terawat. Bapak Purwadi, penjaga Ereveld Pandu dan staf juga sangat ramah serta memberikan banyak informasi mengenai komplek makan kehormatan ini. Yang penting kalo namanya ke makam kitanya jangan pecicilan dan jangan lupa pakai baju yang pantas ya. Untuk wisata edukasi dan tempat hunting foto, tempat ini layak dikunjungi.

Lenifey_ereveld pandu

selain wisata sejarah juga bisa buat hunting foto

Setelah pulang dari Ereveld Pandu sebetulnya kami sudah enggak ada kepikiran mau kemana. Jadi setelah itu kami pindah-pindah tempat secara random dan secara kebetulan semua tempat yang kami kunjungi adalah tempat makan jadi bahasan selanjutnya adalah impresi saya mengunjungi tempat-tempat ini selama di Bandung.

Warung Bubur Mang Oyo

Lenifey_warung bubur mang oyo

Warung Bubur Mang Oyo

Bangun tidur dan laper pas di Bandung, ada satu rekomendasi tempat buat sarapan, Warung Bubur Mang Oyo. Keunikan bubur di tempat ini tuh buburnya super kental. Jadi kalo di balik, bubur nggak bakalan jatuh dari piring. Eh tapi kalo buburnya sudah dikasih topping ya jangan dibalik, entar tumpah semua ayam, cakue, sama daun bawangnya. Hahah.

Menurut saya pribadi sih rasa buburnya kayak bubur kebanyakan. Nggak yang super istimewa banget. Kata Bang Derus porsinya kurang buat dia. Kalo buat saya sih porsinya pas. Oh iya bubur ini disajikannya dingin ya, biar kental itu tadi sih. Jadi buat yang pengen sarapan makanan panas silahkan coret warung makan ini dari daftar tempat makan kalian.

Oya Warung Bubur Mang Oyo ini lokasinya di jalan Sulanjana 30, Bandung. Harga bubur ayam plus telur sekitar delapan belas ribu seporsinya. satu lagi yang penting kalo minum teh hangat disini gratis. Pecinta gratisan. Hahah.

Sop Buntut Dapur Dahapati

Lenifey_Dapur Dahapati

Sop Buntut dan Sop Buntut Goreng Dapur Dahapati

Buat yang suka sop buntut wajib coba makan di DapurDahapati. Kata Bang Eka sop buntut ini paling enak se Asia tenggara. Karena saya bukan penggemar sop berdaging dan jarang banget makan sop daging, saya nggak tahu apakah ini benar seenak yang dibilang karena nggak ada referensi.

Kemarin kami mencoba dua menu, sop buntut original dan sop buntut goreng. Kalo selera saya sih, saya akan rekomen sop buntut yang original aja. Karena pas makan sop buntut goreng, berasa ada rasa manis yang ninggal di lidah. Buat yang suka makanan manis, mungkin akan lebih doyan yang sop buntut goreng.

Tadinya saya pikir namanya digoreng mungkin akan kriyuk-kriyuk. Salah besar saudara-saudara. Jadi ya hanya daging buntut yang di goreng dan terpisah dari kuahnya. Tenang aja, masih dapat kuahnya kok. Oya jangan kuatir dagingnya empuk banget. Buat pecinta sop dengan isian daging, kalian harus coba makan di Dapur Dahapati.

Dapur Dahapati lokasinya di jalan Cipaganti. Tempatnya pakai rumah Kolonial Belanda gitu. Keren deh. Oh iya harganya enam puluhan ribu satu porsinya untuk sop buntut original maupun sop buntut goreng.

Kineruku

Lenifey_teras kineruku

Teras Kafe Kineruku

Namanya lucu dan susah sekali diingat. Hahah. Tempat jni adalah sebuah kafe yang punya keunikan ada perpustakaan di dalam kafenya. Suasananya enak banget buat dipakai baca buku. Bisa pinjam buku di dalam dong yang pasti. Foto buat Instagram pun bisa banget buat pencitraan. Hahah.

Interior Kineruku

Interior Kineruku. Source By Instagram Kineruku

Masuk ke kafe ini, kita harus menitipkan tas ke loker yang di depan kafe. Tas sekecil apapun nggak bisa masuk. Buat yang mau internetan disini silahkan kecewa karena di kafe ini nggak ada wifinya. Jaringan provider ponsel pun kurang bagus disini. Tapi positifnya, makanannya lumayan enak. Kemaren kami pesen nasi goreng sih enak.

Jadi Kineruku ini emang paling pas buat tempat baca. Buat ngerjain tugas juga enak sih, kalo ngerjain tugasnya nggak pakai akses internet oke kok. Kafe Kineruku berada di lokasi jalan Hegarmaneh.

Noah’s Barn

Lenifey_interior Noah's Barn

Interior Noah’s Barn yang keren

Noah’s Barn ini tipikal kafe kekinian banget. Suasananya super cozy. Tempatnya punya interior super kece yang instagramable banget. Poin plusnya makanannya enak. Kemarin kami mencoba cemilan-cemilan disana. Dari Pizza, Kentang dan sosis, sampai keiknya pun enak. Pilihan menunya banyak baik makanan dan minuman.

Lenifey_makanan di Noah's Barn

Salah satu cemilan yang bisa dipesan di Noah’s Barn

Tempat ini paling enak dipakai untuk tempat ngumpul bareng teman. Di kafe ini ada bagian Indoor dan outdoornya. Tapi ya berhubung ke Bandung, kok rasanya apa banget nggak sih ke kafe begini, padahal di Jakarta juga banyak kafe. Walapupun nggak masalah juga sih kali lagi emang pengen nongkrong aja gitu. Rekomen untuk yang mau ngumpul atau ketemuan sama teman atau mantan.

Baca Juga : Liburan Akhir Pekan Ke Bandung. Enaknya Kemana ya? Part 2

Braga Permai

Kayaknya pas ke Bandung sebelumnya saya pernah melewati tempat ini, tapi kok ya nggak nggeh ada tempat makan enak disini. Tempat ini nggak pernah sepi orang. Menunya ala-ala kolonial yang bacanya pun saya susah. Kalau harganya standar restoran sih.
Kemarin kami mencoba banyak banget menu. Mulai dari Huzarensla Salad, Calzone, Pizza, Steak, Bitterballen sampai es krim dan nggak mengecewakan rasanya. Buat saya, paling berkesan sih salad sama es krim.

Saladnya walaupun ada dagingnya tapi rasanya seger gitu, unik banget rasanya. Es krim homemadenya juga enak banget. Kami mencoba rasa coklat dan stroberi dan menurut saya sih rasanya masih lebih enak dari kedai es krim Belanda yang terkenal di Jakarta. Kami yang tadinya pesen satu gelas es krim buat rame-rame akhirnya sampai nambah 2 kali. Makan di restoran ini sih saya rekomen.

Lenifey_Bitterballen Braga Permai

Bitterballen Restoran Braga Permai


Lenifey_dessert di braga permai

Es krim yang enak dan entah kue apa namanya. hahah

Sudah malam dan kenyang dong. Sudah makan di banyak banget tempat makan disatu hari yang sama. Waktunya kami pulang buat istirahat. Esok harinya kami nggak kemana-mana sayangnya karena mager banget dan keenakan gibah di apartemen.

Sekian perjalanan ke Bandung kali ini. Sampai jumpa ditulisan selanjutnya. XOXO



TAGS
RELATED POSTS
19 Comments
  1. Balas

    Ndari

    28 Januari 2019

    Ini judulnya kulineran d Bandung ya Len?
    #mayan buat catetan klo d Bandung n bingung mw ngapain? 😆

  2. Balas

    Taumy

    30 Januari 2019

    Kali ini, tulisan Bandungnya edisi kulineran kecuali Ereveld Pandu. Jadi, ingin ke Bandung lagi.

  3. Balas

    Dayu Anggoro

    30 Januari 2019

    Duh ini ke Bandung banyak banget wisata kulinernya yah, mayan lah buat referensi kalo Ke Bandung ngunjungin calon mertua hahahaha. Thx informasinya Ka Leni.

  4. Balas

    Deny Oey

    30 Januari 2019

    Duh, salah satu acara bandung dimana gw batal ikut 😋

  5. Balas

    ristiyanto

    30 Januari 2019

    Yang trip Bandung itu saya cukup menikmati sop buntut. Enak banget, mungkin karena belum pernah makan yang namanya sop buntut.

  6. Balas

    Iqbal

    30 Januari 2019

    Cuma satu yg destinasi wisata, yg lainnya kuliner.. eh, kuliner destinasi wisata juga ya?

  7. Balas

    Tuty prihartiny

    30 Januari 2019

    Saya paling penasaran ke kineruku. Kayaknya asik baca-baca sambil corat coret puisi. Btw, kalau tentang kuliner mah, bandung juara banget ya kak…..

  8. Balas

    Airin

    31 Januari 2019

    Menu-menu makanannya langsung mengalihkan duniaku.. wkwkkwk… apalagi sop buntutnya.. itu harus dicoba banget

  9. Balas

    Firdaus Soeroto

    31 Januari 2019

    Apa nama pemakaman yang mirip kayak gini di Jakarta? Itu gratis gak ya ke sana?

  10. Balas

    Nunik Utami

    31 Januari 2019

    Baca ini menjelang makan siang, perut jadi tambah krucuk-krucuk. Pengen segera lari ke Bandung trus nyobain semua makanan yang ditulis di sini. Leni racun bangeeeet 😀

  11. Balas

    EKA MUCHLIS SALIM SIREGAR

    31 Januari 2019

    nahhh… jadi gimana? akhirnya kalian merasakan juga enaknya sop buntut paling enak se asia tenggara kan ya? ke bandung ke sini lagi lah…

  12. Balas

    Yunita Tresnawati

    1 Februari 2019

    Kue yang dimakan bareng es krim itu namanya Poffertjes. Memang Bandung selalu punya alasan untuk dikunjungi lagi dan lagi. Kemarin itu cuma sepersepuluhnya, masih banyak hal seru yg bisa ditemukan di Bandung terutama kenangan dengan mantan #ehh

  13. Balas

    Maya Nirmala Sari

    1 Februari 2019

    Betul banget nih, Bandung emang selalu ngangenin buat dikunjungi. Liburan akhir pekan ke Bandung lumayan bisa bikin fresh lagi.

  14. Balas

    Dewi Setyowati

    1 Februari 2019

    Wah ini kulinernya beda sama yang pas kemarin aku liburan ke Bandung, Bisa jadi referensi nih Len.. Tapi kemarin memang aku makan sekenanya dan sekalian jalan sih.. Enggak nargetin tempat khusus. Kapan-kapan ah cobain Leni tulis ini.

  15. Balas

    Dian Restu Agustina

    1 Februari 2019

    Waaah. ini bisa jadi rujukan kalau mau liburan akhir pekan ke Bandung.
    Komplit list kulinerannya. Dan itu smeua bikin laper sayaaa…hahaha. Penasaran sama bubur dan sup buntutnya juga kineruku.
    Ah..kalau ke Bandung mesti mampir situ nanti:)

  16. Balas

    elsalova

    1 Februari 2019

    Kinekuru mencuri hati. Entah kapan terwujud, aku dari jaman kuliah pengen banget punya café dengan banyak koleksi bukunya. Kalo ke bandung jadi pengen liat ah,

  17. Balas

    Kelanakucom

    4 Februari 2019

    Asek yang liburan ke Bandung. Kapan-kapan kalau lagi di Bandung kabarin lah. Kali aja ku bisa gabung.

  18. Balas

    Achi Hartoyo

    6 Februari 2019

    Aku belum pernah ke Ereveld yang di Bandung baru di seputaran Jakarta sama Semarang. Btw, kayaknya yang paling menggoda Sop Buntutnya

  19. Balas

    INA

    12 Februari 2019

    Kayany perlu ke bandung lagi nih buat nyicipin kulinernya 😍

LEAVE A COMMENT

lenifey
Indonesia

Lahir di Surabaya dan sedang menetap di Jakarta. Menyukai Traveling, Makan, Baca Buku dan K-Pop. Tertarik juga pada dunia beauty products seperti skincare dan lipen-lipenan. Mari berkenalan. Karena tak kenal maka tak sayang. XOXO

Februari 2019
S S R K J S M
« Jan    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728