Travel

Pengalaman Wisata Korea Selatan – Hari Keberangkatan

on
Penerbangan AirAsia ke Korea

Sunrise dari atas pesawat 30 menit sebelum mendarat di Incheon International Airport

HARI– 1 KEBERANGKATAN

Setelah melakukan semua persiapan yang dibutuhkan untuk kunjungan ke Korea Selatan, hanya tinggal menunggu hari saja untuk sebelum hari keberangkatan.

By the way, saya sebenernya melakukan satu kesalahan yang lumayan fatal sih sebelum perjalanan ini yaitu tidak segera melakukan penukaran uang. Karena merasa ada money changer di dekat rumah, saya jadi yang menggampangkan dan selalu menunggu besok buat menukar uang. Sampai ketika H-1 kira-kira jam 2 siang saya berangkat menukar uang, dan ketika sudah sampai di money changernya tidak ada uang won tersisa. Saya langsung panik. Apalagi jarak money changer yang lain lumayan jauh dan hari sudah sore. Jam tutup money changer­nya adalah jam 4. Jadi walapun saya maksa kesana pun akan percuma karena tempatnya pasti sudah tutup. Saya pulang dengan tangan hampa.

Ternyata kesialan saya enggak berhenti sampai di sini saja, kira-kira jam 8 malam saya dapat SMS dari maskapai AirAsia kalau penerbangan saya di reschedule. Jadwal asli penerbangan saya jam 19.00 dari Jakarta dan akan sampai Kuala Lumpur sekitar jam 22.00 lalu dilanjutkan dengan penerbangan Kuala Lumpur-Seoul jam 01.00 dini hari. Namun SMS reschedule yang saya terima mengatakan saya dipindahkan ke penerbangan jam 21.00 dari Jakarta dan akan sampai di Kuala Lumpur sekitar pukul 00.00 dini hari dengan penerbangan lanjutannya jam 01.00 dini hari. Kalau melihat angka, sebenarnya mungkin saja saya mengambil penerbangan yang jadwalnya sudah diganti. Tapi kondisinya saya sama sekali belum pernah keluar negeri dan saya tidak tahu bagaimana bentuk Bandara KLIA2. Sehingga saya enggak mau gambling dengan mengambil penerbangan yang jadwalnya mepet sekali. Masalahnya juga enggak ada yang menjamin pesawat dari Jakarta akan takeoff ontime. Enggak lucu aja sih kita ketinggalan pesawat yang ke Seoul gara-gara delay pesawat dari Jakarta. Karena adanya pertimbangan-pertimbangan tersebut, akhirnya saya panik memutuskan untuk menelpon call center AirAsia. Saking bingungnya, saya enggak sadar kalau ternyata saya menelpon call center bukan di jam kerja. Pantas saja panggilan saya semalaman enggak diangkat sama sekali. Apalagi saya belum packing juga. huft. Uang belum tukar, jadwal pesawat di reschedule, belum packing, terus panik. Lengkap banget kesialan ini. Saya sampai enggak bisa tidur semalaman. Mana saya sendirian berangkatnya karena saya ambil jadwal pesawat yang beda dengan teman jalan. Jadinya saya enggak bisa berkeluh kesah sama siapa-siapa. #crying.

Karena travel must go on, saya akhirnya dengan tegar selesai packing dan merencanakan hal-hal yang harus saya lakukan begitu pagi tiba.

HARI KEBERANGKATAN

Pagi harinya, saya segera meluncur ke kantor untuk menaruh backpack selagi saya harus berangkat ke money changer untuk menukar uang. Bayangkan saya baru menukar uang di hari keberangkatan. Sungguh kejeniusan yang hakiki. Waktu itu saya menukar uang Korean Won dan Ringgit Malaysia. Uang Ringgit Malaysia saya gunakan untuk beli makan di area Bandara KLIA2. Jam 9 pagi saya sudah dapat uangnya dan buru-buru balik lagi untuk ambil tas. Sekitar jam 10 saya sudah berangkat ke Bandara naik bus Damri dari Terminal Kampung Rambutan. Sebenernya saya buru-buru berangkat adalah agar saya bisa ke costumer service AirAsia yang ada di Bandara untuk mengganti jadwal. Karena di telpon berkali-kali saya tetap tidak tersambung dengan call center AirAsianya. Saya berharap bisa terbang dengan pesawat jam 14.00 kalau tetap tidak bisa diusahakan terbang dengan pesawat jam 19.00. Saya sampai di Bandara sekitar pukul 12.00 dan langsung lari-lari ke costumer servicenya. Ketika saya ceritakan permasalahan yang terjadi pada saya, pegawai CS nya mengatakan kalau saya masih bisa mengganti jadwal jam 14.00 karena saat itu masih ada kursi. Senangnya si mbak CS ini gercep sekali melakukan penggantian jadwal dan ngeprint tiketnya karena tahu waktu saya enggak banyak untuk check-in. Si mbak CS juga bilang saya untuk buru-buru ke konter check in karena waktunya sudah sangat mepet dengan jadwal berangkat pesawat. Proses check-in sempat sedikit terhambat karena ada penumpang yang hampir nyerobot antrain, untung saja petugas konter check-in mau mendahulukan saya karena jam berangkat yang sudah mepet tadi. Setelah check-in, syukurnya urusan imigrasi juga lancar. Padahal sempet degdegan dikira bakal ditanya macem-macem. Ternyata cuma nunjukin paspor dan di cap doang. Hihihi. Selesai urusan imigrasi, ternyata saya masih ada waktu untuk solat jamak Dhuhur-Ashar waktu itu.

Pesawat takeoff tepat waktu. Di dalam pesawat rasanya lega sekali akhirnya keangkut ke Kuala Lumpur. Haha. Setalah di dalam pesawat, saya baru berasa kalau lapar. Dari pagi enggak inget belum menyentuh makanan. Perjalanan pesawat ke Kuala Lumpur ditempuh dengan lancar dan saya mendarat di Bandara KLIA2 sekitar jam 17.00 waktu Malaysia.

Setelah turun dari pesawat, kita bisa langsung menuju ke area transfer penerbangan internasional. Setelah kita masuk ke dalam area transfer penerbangan internasional, akan dibagi lagi menjadi 3 area, yaitu gate L, P, dan Q. Tadinya saya pikir bandara KLIA2 ini kecil karena bandara ini di khususkan untuk penerbangan AirAsia saja. Ternyata untuk area L saja, ada 22 gate penerbangan pesawat. Fiuh, ini kalau saya mau jadi pakai jadwal reschedule saya, enggak ngerti lagi deh bagaimana. Hahah. Di area transfer ini akhirnya saya bisa mengisi perut saya. Disini lumayan banyak variasi makanannya, tapi saya ujung-ujung nya ke MCD. Tapi saya lupa kalau MCD di luar negeri kemungkinan enggak ada menu nasi dan ayam. Adanya menu ayam dan kentang goreng. Hiks.

Suasana di bandara klia2

Suasana di KLIA2 di depan MCD pas saya makan

Setelah selesai urusan mengisi perut, kebetulan sudah masuk waktu solat magrib. Jadi saya solat jamak maghrib-isya dulu. Ruangan musholanya enak sekali, besar bersih dan sepi. Tapi saya enggak berani gegoleran di sana karena ada tulisan peringatannya. Setelah beres solat, saya langsung bergegas mencari gate tempat saya menunggu pesawat. Waktu itu seinget saya harus ke gate 22. Ini letaknya di ujung sekali. Di perjalanan menuju gate 22, kita akan diperiksa lagi di x-ray. Waktu itu petugas x-ray malaysia tanya saya mau kemana dan saya jawab ke Korea, tapi dia bingung karena saya cuma bawa backpack kecil. Hihihi.

Lorong Menuju Gate L22 Banara KLIA2

Lorong Menuju Gate L22 Bandara KLIA2 tempat saya boarding

Di gate 22, sembari menunggu saya melakukan pengisian daya pada ponsel saya. Di sepanjang gate ini akan banyak ditemukan colokan listrik dan tap water. So buat yang mau jalan-jalan keluar bisa bawa wadah minum. Lumayan enggak perlu beli minumnya pakai tap water saja. Oya colokan di Malaysia ini enggak semua yang lubangnya bulat. Ada yang lubangnya pipih. Jadi lumayan harus mencari colokan yang lubangnya bulat.

Waktu saya lagi charger ponsel, enggak sengaja ketemu turis dari Indonesia yang dia traveling berdua saja dengan ibunya. Kita banyak ngobrol-ngobrol sih. Mereka jadwal pulang-perginya persis sama saya, tapi mereka menjelajah pulau jeju juga. saya mah enggak, di Seoul aja. Hihi. Turis hemat. Enggak lama saya juga bertemu rombongan Cici-cici dari Medan. Mereka lucu dan ramai sekali pas cerita. Mereka adalah rombongan wisata tur travel gitu. Tapi ketemuan sama tour leadernya nanti di Incheon.  Jam 00.30 kami melakukan boarding dan terbang selama 6 jam menuju Bandara Incheon International airport, Korea.

TAGS
RELATED POSTS
101 Comments
  1. Balas

Antin Aprianti

25 Maret 2018

Alhamdulullah semuanya berjalan lancar ya len, ditunggu cerita selanjutnya di Korea.

25 Maret 2018

Iya Alhamdulillah nyampe di Korea. Ditunggu ya cerita drama2 lain dari negeri ginseng oleh saya.. hahah

2. Balas

mutiarasww

26 Maret 2018

Kebayang buru-burunya Kak Len di hari H itu. Tapi ide ganti jadwal penerbangan keren juga Kak, selama ini aku cuma bisa pasrah kalo delay 😊😅

27 Maret 2018

Iya kak.. AirAsia boleh ganti jadwal penerbangan kalo reschedule dari pihak maskapai

3. Balas

Iqbal

26 Maret 2018

Seru ya pengalaman cap pertama di paspor 🙂
    Saya pengalaman gak enak banget dulu di KLIA2. Harusnya ke KLIA, malah pesan taksinya ke KLIA2. Itu kan jauh banget

27 Maret 2018

Wew.. jauh banget iya bener kak.. duh jadi bayar lagi dong itu taksinya 😔😔

4. Balas

airin

26 Maret 2018

Excited banget kalau lagi betangkat…

Iya kak

5. Balas

Bang Yudi

26 Maret 2018

Seru baca cerita ke Koreanya. Lain kali udah profesional ya kalo bepergian ke luar negeri.

27 Maret 2018

Haha.. kalo negara yang dikunjungi blm pernah pasti drama lagi sih 😂😂

6. Balas

tutyprihartiny06

26 Maret 2018

Pengalaman yang seru mengasikkan ya kak. Lanjutan ceritanya jangan lama-lama ya di publish, penasaran euy

27 Maret 2018

Ditunggu ya kak drama perjalanan saya selanjutnyaa.. hihi

7. Balas

Lisa Fransisca

26 Maret 2018

untung di hari H semuanya bisa diatasi ya kak.
    ditunggu lanjutan ceritanya!

27 Maret 2018

Ditunggu ya kak drama korea perjalanan saya selanjutnya 😂😂

8. Balas

Deny Oey

26 Maret 2018

Excited sama critanya, gak kentang kaya cerita di bloh sebelah 🙊🙊
    Ditunggu kelanjutannya ya sistah blue sneaker..

27 Maret 2018

Coba bisikin blog yang manah.. hihihi..
      Ditunggu ya kaka bloher hits.. 😁😁

9. Balas

Novtalia

27 Maret 2018

Anyonghaseo.. Pengen liat oppa oppa disana

Kuy kak ke korea.. haha

10. Balas

taumyalif

27 Maret 2018

Akhirnya berhasil terbang juga. Setiap perjalanan pasti memiliki kisah tersendiri.

27 Maret 2018

Iya bang taumy akhirnya saya terbang juga keluar negeri.. hihi

11. Balas

Jejak Kartini

27 Maret 2018

Wahaha seruu ceritanya.. Duh jd pengen ke sana tp yaa gitu deh 😂😂 skr ngayak dlu aja smbil nntn dramanya haha

27 Maret 2018

Hihihi.. kalo disana berasa kayak masuk ke drama korea kak.. halah 😂😂

Jejak Kartini

27 Maret 2018

Berasa jadi bae suzy yaaa 😂😂

27 Maret 2018

Nah iya kak.. jalan di myeongdong di iringi lagu korea 😂😂

• Jejak Kartini

15. Balas

Budi Setiadi

27 Maret 2018

Wah korea, itu negara hits bagi temen2 ku tuh. Kalau ngomongin korea pasti udah lupa sama temennya.
    Well, korea bagus sih, jadi pengen kuliah di sana juga..

28 Maret 2018

Aku juga gitu mas kalo dah ngomongin korea sama temen yang penyuka juga pasti heboh deh.. haha..

16. Balas

Ifa Mutia

Seruuu…
    Semua kepanikan sekarang jadi kenangan lucu khan…
    Ditunggu kehebohan berikutnya

27 Maret 2018

Siip.. ditunggu ya kak drama saya selanjutnya 😁😁

17. Balas

kelanakucom

27 Maret 2018

Asli bacanya ikut degdegan… ngeri ga jadi berangkat 😉

28 Maret 2018

Hihihi.. aku juga dulu dah pen nangis kak cuma enggak ada waktu nangisnya aja.. hahah

18. Balas

Puteno

27 Maret 2018

Ikut deg deg an baca drama keberangkatan. Seruu di tunggu cerita di koreanya kak

27 Maret 2018

Baik kak.. tunggu ya kelanjutannya

19. Balas

Achi H Mitrowiredjo (@achi_hartoyo)

27 Maret 2018

dramanya bikin trip jadi seru, ditunggu cerita trip selanjutnya

27 Maret 2018

Maklum yang berangkat miss drama mas achi.. hahah

20. Balas

inggit komala

mauu ke korea jugaaaa 🙁
    actually kadang yang kaya gitu yang bikin berkesan dan jadi pelajaran baik buat berikutnya .
    next ajak ajaakk dong kaa hihihih

Hihi.. kuy ke koriyaah..
      Yoih.. jadi kesini2 makin prepare walaupun drama nya mah tetep.. 😂😂

21. Balas

Yunita Tresnawati

27 Maret 2018

Saya baca tulisan ini berkali2 dan sebagai sesama traveler salut sama Leni yg pertama ke luar negeri langsung ke Korea dan Jepang ya (saya aja belum, hiks). Memang kuncinya kalau traveling jangan panik dana somehow pasrah.
    Sebagai penulis, saya melihat pendewasaan Leni dalam menulis lewat pilihan kata2nya. Kata2 cengengesan dalam postingan sebelum2nya sudah ga ada. Contoh nge-charge hp diganti dengan mengisi daya. Waah waah ini kemajuan namanya, guru bahasa Indonesia pasti bangga melihat ini. Semangat nulis ya Len

27 Maret 2018

Ah makasih kak Yun sudah mengoreksi tulisan akuh.. masukan banget buat aku yang nulisnya alay ini.. haha.. makin semangat ikutan arisan.. 💪💪

22. Balas

iuef (Ayu F)

27 Maret 2018

Syukurlah masih sempat nukerin uang. Kapan hari saya malah gak sempet tuker, jadi terpaksa di tempat tujuan. Untungnya cuman Malaysia, yg harganya beti sama money changer di tanah air.

Baiklah menanti tulisan lanjutannya.

27 Maret 2018

Oh di Malaysia enggak beda jauh ya kaak.. syukurlah.. duh aku enggak kebayang gak bawa uang..

23. Balas

ristiyanto

27 Maret 2018

Korea memang lagi ngehits, apalagi girl band-nya.

28 Maret 2018

Boybandnya juga hits lo mas ris.. hahah

24. Balas

Diah Sally DSM

27 Maret 2018

Ya ampun deg-degan banget yak ceritanya hahhaa. Anyway budget hemat nge trip ke Korea berapa mbak?

28 Maret 2018

Ini budget seluruhnya kak sally? Kemaren sih aku enggak sampai 10 juta kak.. sudah termasuk pesawat, akomodasi dan belanja sampe bego.. 😂😂

25. Balas

EkaRahmawatizone

27 Maret 2018

Sewajarnya emg berapa sih Kak tiket pesawat Air Asia ke Korea?

28 Maret 2018

Kalo lagi hoki sih bisa 2.6 juta tanpa bagasi kak.. cuma sekarang susah dapet segitu apalagi kalo peak season.. spring dan autumn..

26. Balas

AriWidi

27 Maret 2018

korea..ketemu oppa..hemm ..korea. negara yang lagi di gandrungi di Indonesia dengan Drakornya. ceritanya seru mbak. dan menjadi sebuah pengalaman

Hahah.. iya kak.. korea ini memang jadi destinasi hits orang2 indonesia

27. Balas

Dede Ruslan

28 Maret 2018

aaaakkkk ke korea, btw ternyata musti transit dlu yaa.. seru sih backpackeran ke luat negeri jd bener2 merasakan sensasj perjalanan

28 Maret 2018

Yoih.. maklum aku mah naiknya budget airlines jadi transit dulu di KL. Kayaknya kalo naik full service macem garuda enggak transit sih kalo korea.. kalo ke jepang sih ada yang masih transit di Bali.. tapi ada yang direct juga

28. Balas

EkaSiregar.com (@bangekasiregar)

28 Maret 2018

seru ya ada bumbu-bumbu drama nya.. udah bisa bikin drama korea juga dong….

28 Maret 2018

Hahah.. nanti drama nya sama cerita perjalanan saya ya bang 😁😁

29. Balas

titi purwati

28 Maret 2018

Eddun ke Korya gue g diajak. hhi
    Yelah beb, jadi lo dulu mkannya d MCD jga. Ett dah

28 Maret 2018

Yoiiih.. makan di mcd makanya gw udah apal menunya.. jadi pas kemaren ke jepang gw dah gak perlu galau lagi milih menunya.. 😂😂😂

30. Balas

Beni Ananto

28 Maret 2018

Woow keren nih. Keluar Negeri sendirian. Ini bener2 solo traveling ya, Kak?

28 Maret 2018

Solo travelingnya 2 hari aja kak ben.. jadi pas berangkat sama pas hari pertama.. hari keduanya udah bareng sama teman..

31. Balas

Fajar Hidayat (@PangeranLelea)

dapat opa-opa gakk?

Opa tuh kakek kakek ya kak? Hihihi 😂😂

32. Balas

Dewi Setyowati

28 Maret 2018

Kenapa cerita Leni selalu berbumbu drama..wkwkwkw.. Seru tapi, pengalaman hidup yang ga bakal terlupakan ya..

28 Maret 2018

Maklum mbak dewi.. aku kan drama queen.. 😂😂

33. Balas

Hayati Ayatillah

28 Maret 2018

Aaaakk ga sabar banget baca cerita pengalaman d koreanya, kak.. Oia, k korsel itu visanya free, benar, ka?

34. Balas

Agusonpapers

28 Maret 2018

jauh banget mainnya….inget Bajindul kalau ke korea, btw ketemua ga yah..?

28 Maret 2018

Pengen tau musim gugur gitu bang ampe jauh2 mainnya..Hahah.. enggak bang mungkin beda kota..

35. Balas

dayuanggoro16

Widih keren euy udah menjelajah negerinya Boy Band

Hahah.. yoih day..

36. Balas

Kalena Efris

28 Maret 2018

Ditunggu kelanjutannya, Len. Kalo ada drama ketemu oppa-oppa gemessh mau donk ditulisin juga. Penasaran wajah-wajah masyarakat sana sama seperti oppa-oppa di film-film drama atau enggak 😂

28 Maret 2018

Aku bongkar2 dulu yaak file korea aku apakah ada atau tidak.. hahah.. kayaknya ada sih yang gemesin gitu 😂😂😂

37. Balas

Maya Nirmala Sari

28 Maret 2018

Keren nih pertama kali ke luar negeri tapi berangkatnya sendirian. Ditunggu ya cerita-cerita selanjutnya.

Iya kak may.. aku juga degdegan pas itu gara2 sendirian 😂😂

38. Balas

Lala Yusuf

28 Maret 2018

Duh mau dong ikut ke Korea haha

Yuk ka lala 😁😁

39. Balas

nasa

Keren… Sayamah blom berani jlan2.keluar negeri. Takut pesawat wkwk

28 Maret 2018

Ah masak naik semeru berani naik pesawat takut sih ka nasa.. hahah

nasa

Wkwk… Iya bneran.

40. Balas

Citra Rahman

28 Maret 2018

Eh bersambung ya tulisannya…lagi asyik banget bacanya tiba-tiba abis. 😅

Yoih kak bersambung.. hahah

41. Balas

Nunik Utami

28 Maret 2018

Iya, bener, kedai fast food-nya nggak menyediakan nasi. Beruntunglah yang terbiasa nggak makan nasi. Pas ke sana nggak merana banget.

28 Maret 2018

Hooh mbk nunik.. padahal aku kan pen makan nasik biar kenyang nya mantep gitu.. orang Indonesia sekalii 😁😁😁

42. Balas

elsamartinalova

28 Maret 2018

Ajak ajak main jauh dong deeeeeeek

28 Maret 2018

Kuy kak main jauh.. ke tangerang misalnya.. jauh tangerang soalnya dari ciracas

43. Balas

ndarikhaa

28 Maret 2018

Wkwkw….okey bawa travel charger yg bisa dirubah2 bentuk plus botol minum,,#noted

Betewe kece amatlah kamu,,pertama kali langsunng sendirian..
    Mana cobak liat tas backpack kecil yang bikin bingung orang imigrasi Malaysia? hiihihiii…

28 Maret 2018

Yoih kak bawa travel charger tapi buat di malaysia aja sik.. botol minum mah wajib.. hahah..
      Itu juga aku kek orang bingung kak.. hahah..
      Sebenernya aku bawa tas masih 30an liter tapi kata bapaknya masih kecil aja.. temenku ada yang bawa lebih kecil lagi.. dan katanya sama juga di bilangin ama orang imigrasi malaysia kamu mau balik kuliah ke korea.. wkwkw.. dikiranya kita lagi libur kuliah pulkam ke indonesia 😂😂

44. Balas

inezdwijayanti89

29 Maret 2018

seinget saya ada money changer di jkarta yg buka 24 jam kak, di daerah hayam wuruk, jkt pusat. Saya waktu itu kesana malem2 sekitar jam 10an masi buka.

29 Maret 2018

Wah tapi jauh sekali kak dari rumah saya.. btw makasih infonya kak..

45. Balas

Ning

29 Maret 2018

Aduh… Semua serba mendadak ya.. tapi kadang aku malah suka sensasinya. Dag dig dug sampe kadang perut gak kepikir lagi, haha

29 Maret 2018

Iya kak.. sampe enggak berasa kalo laper.. tau2 laper nya udah laper akut.. hihihi..

46. Balas

Arlindya

6 April 2018

Wahh…traveliing dlm negeri aja aku udh beberapa hari sebelumnya packing, apalagi ke luar negeri, bisa2 seminggu sebelumnya haha. Nyantai bgt kamu Len wkwkwk

6 April 2018

Hihihi.. leni si super santai.. aku tuh omdo banget kak bilangnya mau 2 hari sebelumnya packing.. tapi akhirnya ya gitu ntar2 terus jadi beberapa jam sebelum berangkat 😂😂

Arlindya

6 April 2018

Ngeri bgt klo jalan jauh packing dadakan pasti ada barang yg lupa dibawa mana di negeri org lagi

47. Balas

7 April 2018

Aku biasanya ngakalinnya pake ceklist kak untuk meminimalisasi ketinggalan. Ceklistnya bikinnya seminggu sebelum berangkat biasanya. Sembari diinget2 apa aja yang pengen dibawa