Travel

Pengalaman Wisata Korea Selatan – Hari Pertama (Guesthouse – Haneul Park)

on
23 April 2018
Incheon International Airport

Incheon International Airport

Sekitar jam 9 waktu Korea Selatan, pesawat yang saya naiki akhirnya mendarat di Incheon International Airport setelah melakukan perjalanan selama sekitar 6 jam. Pas pertama ngeliat kearah luar dari garbarata pesawatnya tuh rasanya unbelieveble banget. Enggak nyangka setelah banyak drama pas keberangkatan (bisa dibaca di sini) akhirnya sampai juga di negeri para Oppa. Hahah.

Di bandara Incheon, tempat mendarat sama bandara utamanya terpisah, harus naik kereta dulu untuk sampai ke tempat Imigrasinya. Waktu itu saya antri imigrasinya lumayan lama, sekitar 1 jam lebih. Tapi enggak berasa sih karena pas antri saya barengan sama beberapa orang indonesia juga sambil cerita dan ketawa-ketawa, Nina dan ibunya serta Cici-Cici Medan yang ketemu pas di bandara KLIA2. Proses imigrasinya Alhamdulillah lancar tanpa drama. Setelah Proses Imigrasi selesai, saya menunggu Nina dan Ibunya mengambil Koper mereka. Setelah koper sudah di tangan, kami jalan untuk cuci muka, beli makan sama beli T-Money. Oya T-Money ini kartu sejenis Flash kalo di Indonesia. Bisa dipakai untuk naik subway sampai belanja di convenience store macam Seven Eleven dan GS 25 (convenience store khasnya Korea Selatan). Beli makan sama T-Money nya kami beli di convenience store yang ada di bandara. Waktu itu saya beli nasi kepal 2 biji (karena laper banget) dan susu pisang. Saya lupa harga nasi kepal di Korea Selatan berapa, seinget saya enggak sampai 1000 won. Kalo harga susu pisang 1200 won umumnya. Tapi saya pernah dapet harga 1000 won convinience store deket penginapan saya. Sampai diborong buat dibawa pulang. Hahaha. Susu pisang ini emang hits banget di Korea, sering muncul di drama-drama. Kalo kesana wajib coba. Kalau masalah kehalalannya saya kurang tahu juga. Harga kartu T-Money 4000 won masih kosongan ya. waktu itu saya top-up langsung 50.000 won untuk perjalanan 6 hari keliling Seoul. Kalau sisa entar bisa dipakai jajan di Seven Eleven. Haha.

Kereta di dalam Incheon International Airport

Kereta di dalam Incheon International Airport

Susu pisang korea

Susu pisang yang heits di Korea

Setelah selesai makan, kami langsung mencari subway untuk keluar dari Incheon. By the way, ada beberapa cara untuk keluar dari bandara Incheon menuju pusat kota seoul. Memakai Express Train, All Stop Train, Airport Bus dan taksi. Taksi sih opsi terakhir banget lah ya karena yang jelas mahal sekali. Nah sekarang Bedanya Express Train sama All Stop Train itu apa? kalau Express Trains itu dari Incheon dia langsung berhenti di Seoul Station. Kalau All Stop Train dia berhenti di stasiun-stasiun transit di Korea, sekitar 13 stasiun. Kebetulan guesthouse saya paling dekat dengan stasiun transit yaitu stasiun Hongik. Jadi saya naik All Stop Train. Selain itu harganya juga yang paling murah. Dari sini T-Money sudah bisa dipakai ya. Oya jaman 2016 saya ke sini di Incheon wifi nya masih bisa dipakai dengan sangat lancar. Jadi kalau mau cari-cari info masih mudah kalau mau pakai wifi. Saya dulu pemburu wifi karena enggak bawa wifi router. Pas tahun 2017 ke Korea lagi wifi di Incheon sudah sudah sekali dipakainya. Jadi memang harus sekali bawa wifi router atau sekarang sudah banyak paketan internet dari provider komunikasi di Indonesia yang bisa untuk paketan di luar negeri.

All stop train subway korea

All stop train subway korea

Perjalanan ke stasiun Hongik sekitar 1 jam dari stasiun Incheon Airport. Saya berpisah dengan Nina dan Ibunya di dalam kereta. Mereka turun di stasiun Gimpo Airport, satu stasiun sebelum stasiun Hongik. Dari sini saya harus mulai jalan sendirian lagi. Saya turun di stasiun Hongik dan enggak dapet wifi. Serius sih ini saya panik banget. Karena saya pikir di stasiun bakal masih dapet wifi gitu. saya berusaha tenang dan keluar di Exit 1 sesuai petunjuk yang tertera untuk menuju guesthouse. Nah apesnya abis dari Exit 1 itu enggak dijelasin lagi saya harus jalan kemana menuju guesthousenya. Oke ini saya dah keringet dingin. Saya coba diem sambil cari wifi kali-kali ada yang nyangkut terus saya search di Gmaps tapi ini sia-sia belaka. Karena aplikasi maps-nya enggak jalan. Hahah. Akhirnya saya jalan dulu pakai insting sembari saya tanya ke beberapa orang dan pada enggak ada yang tahu jalan nya kemana. Padahal saya sudah tanya alamatnya. Bukan tanya pakai nama guesthousenya. Setelah jalan enggak jelas setengah jam lebih, saya akhirnya nemu Tourist Information Center. Ini terharu banget sih serius. Di Tourist Information Center itu bahkan yang ditanya petugasnya nama guesthousenya bukan alamat guesthousenya. Saya dikasih peta kertas terus dijelaskan harus jalan kemana. Tapi peta kertasnya saya tinggal, saya foto saja peta nya tadi. Jarak guesthouse dari stasiun Hongik lumayan jauh sih 700an meter. Kalau jalan kaki bisa 15 menitan.

Peta ke Guesthouse Patio 59

Peta menuju ke Guesthouse saya, Guesthouse Patio 59

Akhirnya saya nemu guesthouse saya juga. Itu juga saya awalnya enggak yakin karena guesthousenya ada di lantai 2.  Untungnya pas ada orang keluar dari dalam guesthouse terus saya tanya dan dikasih petunjuk untuk ke atas dan memencet bel di lantai 2. Di lantai 2 saya langsung ketemu petugas yang jaga guesthouse dan diantar ke kamar saya di lantai 3.

Guesthouse Patio 59

Suasana di dalam kamar Guesthouse Patio 59

Setelah sampai kamar saya buru-buru mandi dan beres-beres karena saya harus mengejar ke Haneul Park dulu sebelum menyusul untuk bertemu teman-teman yang lain di Banpo Bridge. Untuk mencapai Haneul Park kita bisa naik subway dari stasiun Hongik ke stasiun World Cup Stadium lalu turun di Exit 1. Sebagai informasi, stasiun Hongik berada di Seoul Subway line 2 sedangkan stasiun World Cup Stadium ada di line 6. Jadi sudah pasti harus transit dulu. Waktu itu karena saya enggak mau mikir susah-susah, akhirnya saya pakai line AREX (line kereta bandara yang All Stop Train tadi). Jadi saya naik di stasiun Hongik. Turun di stasiun Digital Media City terus naik subway biasa ke stasiun World Cup Stadium. Padahal pakai subway biasa juga rutenya seperti itu. Saya nya saja yang waktu itu sangat pintar. Mana bayarnya lebih mahal karena pakai line AREX. Hahah.

Sudah sampai di stasiun World Cup Stadium dan keluar Exit 1, saya mengikuti petunjuk yang saya temukan di mesin pencari. Tapi pas sudah di sana kok ya petunjuknya membuat saya bingung. Dan juga di jalanannya enggak ada petunjuk ke Haneul Park padahal petunjuk ke taman-taman yang lain ada dan sangat jelas arahnya. Akhirnya saya duduk-duduk dulu di taman yang ada disana sembari mau nanya ke orang yang lewat. Beberapa orang yang saya tanyain langsung ngibrit jalan sambil geleng-geleng kepala karena saya tanya pakai bahasa inggris. Setelah nunggu sekitar 15 menit (sudah hampir hopeless) saya ketemu sama cewek yang masih rada muda dan jalan sendiri. Eonnie (panggilan kepada wanita yang lebih tua, kalau yang manggil juga wanita) mau dengerin pertanyaan saya. Kebetulan sekali dia ternyata juga mau ke Haneul Park, jadi dia menawarkan jalan bersama. By the way, Eonnie yang bareng saya ke Haneul Park ini namanya Yejin. Ternyata Haneul Park letaknya pas di seberang taman tempat saya duduk-duduk.

Haneul kalo dalam bahasa korea artinya adalah langit. Jadi untuk mencapai Haneul Park, kita harus naik tangga lumayan banget. Ada juga fasilitas naik kendaraan mobil terbuka semacam odong-odong. Tapi bayar lagi ya. Seinget saya ke Haneul Park ini enggak bayar. Saya ditemani berkeliling Haneul Park sama Yejin Eonnie bahkan ditraktir makan barang dan beliau ini mau banget saya repotin buat nyari makan yang enggak ada dagingnya. Karena saya susah menjelaskan untuk mencari makanan halal, saya bilang ke Yejin Eonnie kalo saya hanya makan sayuran. Bahkan setelah makan saya masih ditraktir minum kopi, tapi saya menolak dengan alasan saya sudah kenyang. Yejin Eonnie bahkan nganterin saya sampai depan pintu kereta takut saya nyasar, padahal dia harus buru-buru pulang karena sudah ditelfon orang rumahnya. Sampe sekarang saya masih terharu kalau inget. Saya dulu sudah mencoba minta akun media sosial Eonnie, tapi dia bilang enggak suka main media sosial.

Bertemu orang lokal korea

Yejin Eonnie dan Saya

Oya alasan saya tertarik ke Haneul Park ini karena katanya tempat ini di rekomendasi untuk dikunjungi ketika musim gugur. Tapi pas saya kesana gambarannya enggak sesuai sama bayangan saya. Hahah.

Haneul park

Ekspektasi (gambar diambil dari laman visitkorea.or.kr)

Haneul park oktober 2016

Realita

Tapi karena saya penasaran akhirnya saya balik lagi tahun 2017 dan emang vibe autumn nya berasa kalau pas di puncak musim gugur sekitar bulan November. Jadi kalau kesini usahakan pas bulan November aja ya.

Haneul park november 2017

Akhirnya bisa foto ala-ala

Karena sudah kemalaman saya sudah enggak bisa mengejar atraksi Rainbow Fountain di Banpo Bridge. Tapi karena saya pengen ketemu teman-teman saya, akhirnya saya tetap jalan ke Banpo. Syukurlah kami bertemu di stasiun Express Bus Terminal  di dekat Banpo. Dari sana kami jalan bareng untuk pulang ke guesthouse. Kebetulan didepan Exit 1 stasiun Hongik kami nemu street food ala-ala korea. Jadi kami berhenti dulu untuk mencoba makan street food macam toppoki dan odeng langsung di negeri asalnya. Untuk kehalalannya sekali lagi saya enggak tahu. Cuma sebelum makan kami sudah pastikan penjualnya hanya jual yang kira-kira halal saja. Tapi ya kalau campuran dalam nya enggak halal sih enggak tahu juga.

Street foot korea

Street foot korea

Setelah kelar jajan, kami kembali ke guesthouse untuk istirahat dan menyiapkan diri untuk hari berikutnya.

TAGS
RELATED POSTS
84 Comments
  1. Balas

    tutyprihartiny06

    23 April 2018

    Catatan perjalanan yang lumayan seru … Ini baru hari pertama ya kak len, ditunggu tulisan hari2 selanjutnya di Korea Selatan.

    • Balas

      Lenifey

      23 April 2018

      Makasih kak tuty.. iya baru hari pertama.. akan ada cerita 5 hari ke depan.. hihihi

  2. Balas

    Antin Aprianti

    23 April 2018

    Alhamdulillah ya Len ketemu eonnie yang baik banget, perjalanannya seru banget. Ditunggu kelanjutannya.

    • Balas

      Lenifey

      23 April 2018

      Iyaa.. seneng banget kalo ketemu orang baik yaa 😍😍

  3. Balas

    Maya Nirmala Sari

    23 April 2018

    Informatif banget. Bisa jadi panduan nih kalau pas mau traveling ke korea. bookmark ah.

    • Balas

      Lenifey

      23 April 2018

      Hihi… duh jadi terharu kak..

  4. Balas

    ristiyanto

    23 April 2018

    Tanyanya pakai Bahasa Inggris sih, pantas pada lari. Coba pakai bahasa Itali, bukan lari lagi, tapi sprint 100 meter. BTW, pemandangan realitanya kok kayak alang-alang.

    • Balas

      Lenifey

      23 April 2018

      Tulisan di webnya sih silver grass mas ris.. nah itu sama kayak alang2 bukan ya ? Hahaha.. duh enggak bisa bahasa itali tau gitu belajar dulu sebelum ke korea.. 😂😂

  5. Balas

    taumyalif

    23 April 2018

    Keren. Bisa jalan2 ke Korea. Btw, foto ekspetasi vs realitanya jadi ingat foto2 yg beredar di medsos. Selalu berbeda jauh 😀

    • Balas

      Lenifey

      23 April 2018

      Ahhaha.. nah iya bang taumy suka gitu memang ekspektasi vs realita tuh.. 😂😂

  6. Balas

    Deny Oey

    23 April 2018

    Fotomu d Haneul Park koq zonk banget ya. Ekspektasi tak sesuai realita..

    • Balas

      Lenifey

      23 April 2018

      Wkwkkw.. nah iya makanya.. biar rada bagusan harus dateng disaat yang tepat memang 😂😂

  7. Balas

    Jejak Kartini

    23 April 2018

    Masih terusan lagi nih?
    Kayaknya bakalan puanjang kek tersanjung 😂 ituu itu yg ekspektasi sama realitanya kok lucu sih. Tp untung pas balik lg emang kece ya jd hrs itung2 waktu kl mau dapet view yg pas

    • Balas

      Lenifey

      23 April 2018

      Hahaha.. yoih kak.. masih ada 5 episode lagii 😂😂 ahhaha..

      Nah itu kak.. harus hati2 emang ntar potonya zonk jadi ekspektasi vs realita 😂😂

      • Balas

        Jejak Kartini

        24 April 2018

        Beehh kalah nih cinta fitri 😁

        Sering begitu aku 😅

        • Balas

          Lenifey

          24 April 2018

          Wkkww.. mau ngalahin tersanjung kaaak 😂😂

  8. Balas

    Dewi Setyowati

    23 April 2018

    Len ini pas jalan-jalan pakai sneaker-nya warna biru? #pentinggasih

    • Balas

      Dewi Setyowati

      23 April 2018

      eh maksudnya pertanyaannya penting ga ini hahaha..

    • Balas

      Lenifey

      24 April 2018

      Hahaah.. sebenernya sneaker aku malah warnanya putih mbk dew.. 😂😂

  9. Balas

    Novtalia

    24 April 2018

    seru banget yaa jalan-jalannya ke negeri gingseng, budjed berapa ka?

    • Balas

      Lenifey

      24 April 2018

      Total sama pesawat saya waktu itu di bawah 10 juta kak

      • Balas

        Novtalia

        24 April 2018

        Berapa hari ka?

        • Balas

          Lenifey

          24 April 2018

          6 hari di koreanya kak.. 8 hari sama perjalanannya

  10. Balas

    Ora Shita

    24 April 2018

    Keren euyyy 😃😃

  11. Balas

    Iqbal

    24 April 2018

    Yejin baik banget, beruntung banget ketemu dia

    • Balas

      Lenifey

      24 April 2018

      Iyaa kak mana nganterinnta totalitas banget

  12. Balas

    dayuanggoro16

    24 April 2018

    Seru banget dah, jadi kalau bener-bener mau cari makanan halal kita bisa berdalih dengan alasan kita adalah vegetarian. Keren juga lu triknya ya meskipun bahan2 kek minyak dll belum tentu halal wkwkwk.

    • Balas

      Lenifey

      24 April 2018

      Wkwkwk.. abisan susah bet day ngomongnya.. ya udah gue bilang aja gue vegetarian.. padahal makan mie juga enggak tau jangan2 ada glutennya 😂😂

  13. Balas

    swwmutiara

    24 April 2018

    Seru cerita perjalanan ke Korea nya, Kak. Terbayang ribetnya tanya sana-sini untuk sampe ke suatu tempat. Tapi justru di situ serunya yah 😉

    • Balas

      Lenifey

      24 April 2018

      Hahah.. maklum aku mah kurang prepare kak.. haha.. cuman seru kalo diinget2 harus nanya2 orang 😂😂

  14. Balas

    Yunita Tresnawati

    24 April 2018

    Membayangkan tempat yang kamu kunjingi sambil bayangi episode2 drama Korea atau Running Man. Hasrat buat ke Korea makin menjadi2 setelah baca tulisanmu ini.

    • Balas

      Lenifey

      24 April 2018

      Kuy kak yun ke korea.. hahah.. kalo yang suka drama nya bisa jadi suka vibenya.. apalagi di daerah gwanghwamun.. aku suka banget vibe di sana.. walaupun rame.. hahah..

  15. Balas

    Bang Yudi

    24 April 2018

    Jadi tulisan Koreanya akan berseri sampai berapa nih?. Nunggu tulisannya tentang Sakura di Korea.

    • Balas

      Lenifey

      24 April 2018

      5 seri lagi sepertinya atau 6? 🤔🤔 hahaha..
      Bang yudi aku mah musim gugur ke korea nya.. bukan waktunya sakura atuh lah.. hahah..

  16. Balas

    Lisa Fransisca

    24 April 2018

    beruntung banget KakLen bisa ketemu Yejin, perjalanannya juga seru!
    btw, Haneul Park saat musim gugur dengan ilalang & latar senjanya cantik ya!

    • Balas

      Lenifey

      24 April 2018

      Iya kak.. kalo pas waktunya bagus kok.. cuman kalo enggak pas ya gitu masih ijo2 kek rumput 😂😂

      Aku memang beruntung sekali ketemu yejin eonnie 👼👼

      • Balas

        Lisa Fransisca

        24 April 2018

        kutunggu lanjutan ceritanya lagi ya, KakLen 😁

        • Balas

          Lenifey

          24 April 2018

          Siap kak 👍👍

  17. Balas

    Ifa Mutia

    24 April 2018

    Seruuu dan informatif.
    Jadi banyak dapat tambahan info kalau ngebolang kesana.
    Tidak sabar nunggu kelanjutannya

    • Balas

      Lenifey

      24 April 2018

      Makasih kaak.. ditunggu kelanjutannya 😊😊

  18. Balas

    Annisa

    24 April 2018

    Aahh seruu dan informatif.. mau liat foto sama oppa dong kak. hehe!

    • Balas

      Lenifey

      24 April 2018

      Kayaknya aku enggak poto sama oppa sama sekali deh kak… 🤔🤔 wkwkwk..

  19. Balas

    EkaRahmawatizone

    24 April 2018

    Korea jadi salah satu negara yg aku juga mau kunjungin. Makasih yaa sharing pengalamannya. Berguna banget hehe

    • Balas

      Lenifey

      24 April 2018

      Sama2 kaak.. 😊😊

  20. Balas

    airin

    24 April 2018

    Seru petualangannya kak, mang agak susah kalau ke negara yg bahasa nya kita kurang ngerti y, harus sering nonton drama korea nih hahaha

    • Balas

      Lenifey

      24 April 2018

      Iyaa kak.. rada susah emang apalagi kalo mau makaan.. susah banget jelasinnya.. ahha..

  21. Balas

    iuef (Ayu F)

    24 April 2018

    Aaahh, kereen ya, solo traveling ke Korea! Aku pribadi gak pernah bayangin. Nunggu cerita selanjutnya

    • Balas

      Lenifey

      24 April 2018

      Cuma sehari kak solo travelingnya.. besokannya dah ama temen.. heheh..

      • Balas

        iuef (Ayu F)

        24 April 2018

        Hoho, teaser next artikel

        • Balas

          Lenifey

          24 April 2018

          Hahaha.. spoiler for the next artikel..

  22. Balas

    Fajar Hidayat (@PangeranLelea)

    24 April 2018

    perjalanan dan cerita yang seru sekali,,,, itu lipstik meraahh bangett hahaha salfok

    • Balas

      Lenifey

      24 April 2018

      Wkkww.. duh ketahuan kalo lipstik merah holik.. 🙈🙈🙈

  23. Balas

    Budi Setiadi

    24 April 2018

    seru banget bisa ke korea. Btw susunya kalau dibawa ke Indo bisa gak ya atau basi duluan?
    Kalau di Indo yang jual susu kaya gitu dimana?? penasaran.

    • Balas

      Lenifey

      24 April 2018

      Enggak basi kok kak..tahan lama seperti susu uht di indonesia pada umumnya..
      Kalo yang jual kayak gitu di indonesia kapan hari aku liat ada yang jual online gitu kak.. kalo toko offline bisa dicari di KMart kalo gak salah daerah kebayoran deh.. kalo versi indonesianya sih ada indomilk.. haha.. cuma rasanya beda sih..

  24. Balas

    Arlindya

    25 April 2018

    Noted dulu utk referensi klo aku ke Korea nanti…hehe

  25. Balas

    achi hartoyo

    25 April 2018

    Waah lumayan nih infonya. Bisa buat referensi kalo mau ke Korea

  26. Balas

    Dede Ruslan

    25 April 2018

    ooh jadi ini trip korea yg waktu itu diceritain pas di pendopo wkwk

    seru pergi ke korea

    • Balas

      Lenifey

      25 April 2018

      Keknya bukan bang de.. yang diceritain di pendopo trip korea yang ke 2.. ini mah trip korea 1.. wkkwkw.. #kekoreadahkekpulangkampung 😂😂

  27. Balas

    Yogi Setiawan

    25 April 2018

    Anyong aseo. Bener gak ya bahasa koreanya begitu.

    • Balas

      Lenifey

      25 April 2018

      Hahaha.. salah kak tulisannya nya.. yang bener annyeong haseyo 😁😁

  28. Balas

    Hayati Ayatillah

    25 April 2018

    Btw, pas sama yejin eonni, ka leni ngobrolnya pakai english atau korea?

    • Balas

      Lenifey

      25 April 2018

      Pake bahasa inggris kak.. kebetulan kak yejinnya bisa dikit2 juga sama kek aku.. hahah

  29. Balas

    Puteno

    25 April 2018

    Saya menunggu episode selanjutnya. Seru nih kek drama korea, pengennya di tonton sekali gus sampe tamat heheh

  30. Balas

    Kalena Efris

    25 April 2018

    Beruntung yaa len ketemu Yejin Eonnie yang baik, malah di traktir lagii 😀 ehh emang orang Korea ga tahu jenis makanan halal ya? Kok kayak susah banget ngejelasinnya? Sampe-sampe mending bilang vegetarian ketimbang bilang cari makanan halal?

    • Balas

      Lenifey

      25 April 2018

      Iyaah.. aku dah ngomong halal2 gitu sih cuma takut dia enggak nggeh.. trus kalo aku bilang no pork sama lard aja ntar dikasih daging yang enggak tau nyembelihnya bener apa enggak.. akhirnya aku bilang aja im a muslim.. i just eat veggie.. di korea emang enggak banyak kak menu halalnya kalo buka webnya.. menu halalnya kebanyakan makanan timur tengah..

  31. Balas

    EkaSiregar.com (@bangekasiregar)

    25 April 2018

    racun nih jadi pengen ke sana lagi.. eh btw.. saya baru kalau T Moneynya bisa di pake di Sevel indo.. eh.. tapi percuma juga yaaaa… dah bangkrut.. wkwkwk

    https://www.ekasiregar.com

    • Balas

      Lenifey

      25 April 2018

      Eh bukan baang eka.. di sevel koreaaa.. hahah.. buat jajan nasi instaaan.. biar kenyang.. 😂😂

  32. Balas

    nasa

    25 April 2018

    Top banget. Jd ngebayangin pas gtw ke guesthouse nya. Keringet dingin. Ngalamat ilang di korea hehe…

    • Balas

      Lenifey

      25 April 2018

      Iyaa.. aduh lah mana aku seorang diri.. udah pen nangis.. tapi enggak menyelesaikan masalah 😂😂

      • Balas

        nasa

        25 April 2018

        Keren pengalamanya. Mentalny cakep

  33. Balas

    Ning

    25 April 2018

    Aduuhhh… Leni, bikin makin ngileerrr pengen ke sana. Skrg bisanya cuma ngerasain suasana korea dari drama aja, hiks

    • Balas

      Lenifey

      25 April 2018

      Hahha… kuy kaaak ke koreaa.. hihihi

  34. Balas

    ceritabangdoel

    25 April 2018

    duh koreak.. seru yaa

    • Balas

      Lenifey

      25 April 2018

      Ya dooong

  35. Balas

    Diah Sally DSM

    25 April 2018

    Maaf mbak mau nanya, Mbaknya kok mirip banget sama Mbak Titi yaa, sodaraan yaa. Ya Allah aku salah fokus hahahhaa.

    But anyway, Korsel ini menjadi salah satu destinasi yang wajib aku kunjungi. Thanks for sharing yaa mbak. Nice story 😉

    • Balas

      Lenifey

      25 April 2018

      Kakak orang ke sejutaa yang bilang aku sama titi miriiip.. hahaha.. iyaa sejak drama korea booming.. korea jadi negara yang hits banget

  36. Balas

    Nunik Utami

    26 April 2018

    Lihat foto street food-nya, kerinduanku akan odeng semakin menjadi-jadi. Meskipun kalo makan itu, nggak bisa banyak juga, sih. Temen2 makan 5 tusuk, aku 1-2 tusuk aja udah sangat cukup 😀

    • Balas

      Lenifey

      26 April 2018

      Kuaat banget mbak nunik temen2nyaa.. hahah.. aku juga ndak bisa banyak soalnya tiap makan odeng pasti bareng topoki 😋😋 duh jadi ngiler.. hihi

  37. Balas

    inezdwijayanti89

    26 April 2018

    kocak,pas liat foto ekspektasi dan kenyataan. Jauh amat bedanya. wkwkwk
    https://helloinez.com

  38. Balas

    Lala Yusuf

    26 April 2018

    Informasi yg pas untuk aku yg sedang (berkhayal) ke korea hahaha

    • Balas

      Lenifey

      26 April 2018

      Ahhaha.. berhayal banget kaaak 😂😂

  39. Balas

    elsalova

    26 April 2018

    ajak-ajak lah trip koreanya dek

    • Balas

      Lenifey

      26 April 2018

      Siaap kaak.. ditunggu ya.. 😂😂

  40. Balas

    Agus Setiawan

    29 April 2018

    semoga kesampaian bisa nginjek tanah korea juga…seru banget sih iiigh

LEAVE A COMMENT

lenifey
Indonesia

Lahir di Surabaya dan sedang menetap di Jakarta. Menyukai Traveling, Makan, Baca Buku dan K-Pop. Tertarik juga pada dunia beauty products seperti skincare dan lipen-lipenan. Mari berkenalan. Karena tak kenal maka tak sayang. XOXO

Oktober 2018
S S R K J S M
« Sep    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031